Categories
Intermezzo

6 Cara Melatih Kemampuan Bahasa Inggris dengan Mudah

MyValue – Di era modern ini, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib untuk dikuasai. Selain merupakan bahasa internasional, kemampuan berbahasa Inggris yang baik sering kali menjadi salah satu syarat ketika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam memperlancar kemampuan berbahasa Inggris, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih  kemampuan berbahasa Inggrismu;

Menonton film tanpa terjemahan bahasa Indonesia atau subtitle

Mulailah dengan menonton film berbahasa Inggris dengan berdurasi singkat  dan usahakan tidak menggunakan terjemahan bahasa Indonesia atau subtitle. Namun jika masih terasa sulit, kamu bisa menonton film dengan bantuan bahasa Indonesia terlebih dahulu, kemudian coba untuk menontonnya sekali lagi tanpa terjemahan bahasa Indonesia.

Mendengar lagu dan menulis kembali liriknya

Cara ini juga cukup ampuh untuk dicoba. Kamu bisa memulainya dengan mendengarkan sebuah lagu baru dan menuliskan kembali lirik yang kamu dengarkan. Lalu, cocokkan kembali apa yang telah kamu tulis dengan lirik yang sebenarnya. Ulangi terus dengan lagu yang berbeda secara rutin untuk menambah kosakata dan kemampuan pendengaranmu.

Membaca buku berbahasa Inggris

Dengan membaca buku berbahasa Inggris, kamu akan menemukan kata-kata baru dan tentunya dapat menambah vocabulary. Kamu bisa memulainya dengan membaca novel tipis, komik, atau menghafalkan kata-kata pada kamus bahasa Inggris.

Cari teman berbicara

Jika kamu tidak hobi membaca atau tidak memiliki waktu untuk menonton film dan mendengarkan musik, latih kemampuan berbahasa Inggris-mu dengan berbincang dalam bahasa Inggris denganmu. Jika merasa malu untuk memulainya, cobalah bergabung di komunitas yang menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari mereka.

Melakukan traveling ke negara dengan bahasa ibu bahasa Inggris

Cara ini memang membutuhkan biaya yang cukup mahal namun efektif. Dengan melakukan traveling ke negara-negara dengan bahasa ibu bahasa Inggris, secara tidak langsung kamu dipaksa bicara bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan orang-orang setempat. Berbicara denga native speaker akan melatih pendengaran, pemahaman dan kemampuan berbahasa Inggris-mu.

Kursus bahasa Inggris

Metode ini adalah hal yang paling umum untuk dilakukan. Jika ingin mengikuti kursus bahasa Inggris, cari tempat kursus yang memiliki metode belajar mengasyikkan, tenaga pengajar yang terpercaya dan fasih berbahasa Inggris. Oh ya, kamu bisa lho dapetin voucher diskon kursus berbahasa Inggris di beberapa tempat kursus hingga 50% pakai MyValue. Tempat kursus yang bisa kamu coba antara lain Elti, UIG, Internasional Test Center (ITC) dan Kidzenius.