Categories
Intermezzo

Tips Mengatur Strategi Pengeluaran Setelah Lebaran

MyValue – Pengeluaran di hari raya Idul Fitri tak dapat dipungkiri memang cukup menguras.Jika tak merencanakan anggaran dengan baik, bisa-bisa habis Lebaran jadi bokek karena keuangan yang  morat-marit.

Tapi, jika sudah terlanjur keuangan terkuras untuk berlebaran, tentu kita perlu menyiasati agar kebutuhan hidup tetap stabil hingga gajian berikutnya tiba.

Simak beberapa tips mengatur strategi keuangan setelah Lebaran ini agar tak menjadi defisit :

Hitung kembali uang yang masih tersisa dan bikin perencanaan keuangan

Setelah libur Lebaran usai dan pengeluaran Lebaran selesai, hitung kembali uang yang masih tersisa dan susun kembali perencanaan keuangan sampai gajian berikutnya. Buat pos-pos pengeluaran dari yang paling mendesak, misal bayar tagihan listrik, pulsa, makan dan biaya kebutuhan pokok lainnya.

Batasi pengeluaran harian

Buatlah batas maksimal anggaran pengeluaran harian, sehingga uang yang keluar per hari terkontrol. Jika pengeluaran sudah sampai batas maksimal harian, stop berbelanja dan alihkan ke anggaran hari berikutnya.

Tunda belanja barang yang tidak urgent

Supaya kebutuhan tercukupi hingga gajian berikutnya, tunda dulu belanja barang-barang yang tidak penting, barang-barang yang sudah punya atau bukan merupakan kebutuhan pokok hidup. Misal beli sepatu baru, baju atau aksesori.

Jika uang yang tersisa tidak mencukupi, pakai uang tabungan

Setelah dihitung-hitung ternyata uang sisa setelah Lebaran nggak cukup untuk bertahan hidup sampai gajian berikutnya. Jangan panik! Ambil uang dari tabunganmu secukupnya untuk menambal biaya hidup. Tapi ingat, ketika nanti gajian, kembalikan lagi uang tabunganmu! Jika terlalu besar jumlahnya, kembalikan secara bertahap selama dua atau tiga bulan agar tak mengganggu pos pengeluaran bulan berikutnya.

Belanja hemat dengan memakai voucher diskon atau potongan harga

Untuk berhemat saat belanja, kamu bisa memanfaatkan voucher promo-promo diskon atau potongan harga. Pakai aplikasi MyValue-mu untuk mendapatkan promo diskon dan potongan harga untuk belanja makanan, minuman, buku, menginap di hotel, hiburan dan mendapatkan layanan edukasi.

Image : Designed by Freepik