Categories
Intermezzo

Tips Membuat Nastar Agar Tidak Gagal, Ketahui Penyebab Nastar Melebar Ini

SajianSedap.com – Cari tahu  agar tidak gagal ini dengan mengetahui penyebab nastar melebar. Kalau sudah tahu penyebab nastar melebar, kita pasti bisa mempraktekan tips membuat nastar agar tidak gagal ini.

Yuk, bersama intip tips membuat nastar agar tidak gagal dengan mencontek penyebab nastar melebar ini.

Nastar yang cantik tentu harus bulat bentuknya. Itu sebabnya, banyak orang jadi galau luar biasa kalau saat dipanggang, nastar terlalu melebar. Bentuk nastar pun jadi aneh karena gepeng. Nah, kalau permasalahan ini terjadi juga pada Anda, jangan dulu menyerah. Anda harus tahu 6 kesalahan yang jadi penyebab nastar terlalu melebar.

Simak di bawah ini.

1. Butter tidak dalam kedaan beku

Pada dasarnya, semua kue yang mengandung butter, haruslah menggunakan butter beku. Begitu juga dengan nastar. Butter memiliki titik leleh yang rendah, sehingga mudah meleleh di suhu ruang. Nah, kalau ketika diadon sudah meleleh, maka waktu dipanggang, kue sudah pasti akan melebar. Tapi, teknik butter beku ini tidak berlaku jika dalam resep diminta menggunakan butter leleh.

Oh ya, pembekuan juga hanya berlaku untuk butter atau mentega dan tidak berlaku untuk margarin. Alasannya, margarin punya titik leleh yang lebih tinggi.

2. Pengocokan terlalu lama

Gesekan pada mixer saat adonan nastar dikocok juga bisa membuat butter atau lemak apapun di dalam nastar jadi meleleh, lo. Itu sebabnya, pengocokan tidak boleh dilakukan terlalu lama. Cukup 4 menit saja. Selain itu, gunakan juga butter beku saat mengocok supaya kemungkinan lelehnya jadi menurun. Sedangkan untuk margarin, kita bisa menggunakannya dalam keadaan suhu ruang.

3. Dipulung terlalu lama

Nastar terlalu melebar bisa disebabkan karena proses pemulungan yang terlalu lama sehingga lemak di dalamnya melelah. Ciri-cirinya, tangan kita jadi sangat berminyak setelah memulung nastar. Kalau sudah begini, kemungkinan nastar melebar akan meningkat.

4. Adonan kue tidak dimasukkan dalam kulkas

Sebelum dipulung, ada baiknya adonan kita masukkan dulu ke dalam kulkas. Jadi, ketika dipulung dalam keadaan dingin, lemak di dalam nastar pun tidak mudah meleleh. Nastar terlalu melebar pun bisa kita hindari.

5. Jumlah tepung kurang

Jumlah tepung yang kurang juga bisa membuat nastar jadi melebar, lo. Kalau ini penyebabnya, kita bisa mengenali dari ciri-ciri adonan yang terlalu lembek.

6. Ditambahkan baking powder

Resep nastar yang benar tidak menggunakan bakin powder ataupun soda kue. Baking powder bisa membuat nastar jadi terlalu mengembang dan akhirnya melebar.

Nah, sudah tenang, kan, karena tahu 6 kesalahan yang membuat nastar melebar? Jadi, jangan menyerah dulu, ya. Kalau berhasil membuat nastar yang bulat sempurna, puasnya pasti bukan main.