Categories
Intermezzo

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa

MyValue – Saat waktu berbuka puasa tiba, seringkali kita langsung mengonsumsi makanan-makanan yang tersedia tanpa memikirkan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Misalnya saja, makanan-makanan umum yang kerap dijual menjelang waktu berbuka, seperti gorengan, es buah atau jajanan lain.

Ketidakpedulian kita terhadap pola asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa ini tentunya akan memberi dampak yang kurang baik pada kesehatan kita. Pertanyaannya, lalu makanan apa saja yang seharusnya kita konsumsi saat berbuka puasa? Simak 5 jenis makanan terbaik untuk berbuka puasa ini versi MyValue!

1.      Air putih

Minuman manis tentu menjadi incaran utama saat berbuka puasa. Namun, akan jauh lebih baik jika meminum air putih terlebih dahulu. Selain menyehatkan, minum air putih untuk membatalkan puasa di waktu berbuka dapat mengembalikan cairan tubuh yang sudah hilang dengan cepat.

2.      Kurma

Makanan yang satu ini ternyata sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Alasannya, kandungan gula alami yang ada pada kurma sangat efektif untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Bukan hanya itu saja, menurut para ahli, kurma juga dapat menetralkan asam lambung, mencegah sembelit & anemia, sumber vitamin, mineral dan protein yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3.      Sayur hijau

Selain buah, sayur-sayuran juga dapat dijadikan menu untuk berbuka puasa. Pemilihan sayur pun diusahakan sayur-sayuran yang berwarna hijau, karena memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh seperti serat, vitamin dan mineral.

4.      Daging dan telur

Mengonsumsi daging juga sangat penting saat berbuka puasa karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain daging, sumber protein juga dapat ditemukan pada telur.

5.      Buah-buahan

Buah-buahan adalah menu yang sehat untuk berbuka puasa karena mudah dicerna oleh tubuh. Alangkah lebih baik lagi, jika buah-buahan yang dikonsumsi untuk berbuka adalah buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka dan melon. Atau buah-buahan yang berserat tinggi seperti pisang atau pepaya.

Selain mengonsumsi makanan sehat, tentunya olah raga yang cukup dan teratur juga wajib  dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit. Lakukan olahraga dengan gerakan ringan agar tidak menguras banyak energi saat berpuasa.

(diambil dari berbagai sumber)