Categories
Gramedia

Tingkatkan Pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), PT Gramedia Asri Media dan Dukcapil Resmi Menandatangani Perjanjian Kerja Sama

JAKARTA, 21 Oktober 2022 – Pada 21 Oktober 2022, telah diresmikan penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan PT Gramedia Asri Media, yangn dilaksanakan di Kompas Gramedia, Jl. Palmerah Barat, No. 29 – 37, Kota Jakarta Pusat.

Kerja sama ini berisi perihal pemanfaatan Kartu Indentitas Anak (KIA), serta dukungan pelayanan administrasi kependudukan dan penggunaan media dalam rangka sosialisasi pelayanan administrasi kependudukan.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani secara langsung oleh Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H.,M.H selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, bersama dengan pihak PT. Gramedia Asri Media, Herman Kristanto Masman selaku Director Group of Retail & Publishing Kompas Gramedia.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Ir. David Yama, MA., M.Sc selaku Ketua Pelaksana, Direktur Pendaftaran Penduduk beserta jajarannya, dan Yola Putriyani selaku HR & IT Director Gramedia.

Sejak 2016, program Kartu Identitas Anak (KIA) adalah sebuah program pemerintah yang mewajibkan anak dengan rentang umur 0 – 5 tahun, dan 5 – 17 tahun, untuk memiliki kartu identitas resmi dari pemerintah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan, pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara, mendaftar sekolah, hingga kebutuhan data identitas untuk membuka tabungan, menabung, BPJS, serta keperluan lainnya.

PT. Gramedia Asri Media bersama dengan Kementerian Dalam Negeri melihat perlu adanya peningkatan pemanfaatan dari Kartu Identitas Anak (KIA) agar lebih bisa memenuhi fungsinya sebagai pemenuhan berbagai hak anak. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan hak intelektual seperti akses perlengkapan belajar, buku-buku, serta kebutuhan lainnya.

Yola Putriyani menyebutkan bahwa Gramedia bersama Kementerian Dalam Negeri melihat adanya sebuah peluang peningkatan kebutuhan hak anak, seperti akses eksklusif dan mudah untuk anak memenuhi kebutuhan belajarnya, dan penawaran lainnya untuk seluruh anak pengguna KIA.

Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H.,M.H menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan terobosan yang sangat ditunggu oleh pemerintah dan masyarakat. Tidak hanya meningkatkan pendataan warga negara dan menyuarakan kampanye manfaat penggunaan KIA secara lebih efektif, tetapi juga sangat membantu meningkatkan kesejahteraan anak-anak bangsa dengan menyediakan akses perlengkapan sekolah, buku-buku, dan kebutuhan lainnya dengan lebih mudah.

Harapannya dengan kerja sama ini, akan menumbuhkan minat baca anak-anak untuk lebih senang dan lebih banyak membaca buku, serta meningkatkan kemampuan daya kritis mereka, agar dapat melangkah menuju masa depan mereka yang lebih cerah.

Lebih lanjut, dalam rangka untuk lebih memeriahkan kerja sama ini, Gramedia memberikan promo spesial berupa diskon 10% untuk semua produk buku anak dan buku sekolah terbitan Gramedia, khusus bagi yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak dan merupakan pengguna aplikasi MyValue. Tidak hanya itu, promo spesial yang berlaku dari 21 Oktober hingga 31 Desember 2022 ini, akan hadir di seluruh Gramedia yang ada di Indonesia, dan dapat dinikmati tanpa minimal transaksi, hanya dengan menunjukkan Kartu Identitas Anak dan menukarkan Voucher di aplikasi MyValue.

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis. Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan. Hingga 2020, Gramedia telah memiliki 122 stores yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Corporate Secretary

PT Gramedia Asri Media
Gd. Kompas Gramedia Palmerah Barat
Jl. Palmerah Barat 29-37, Unit II, lt. 4, Jakarta 10270
Telp. (021) 53650110 Ext. 3870/71

www.gramedia.id
Facebook: Gramedia Store
Twitter: @gramedia
Instagram: @gramedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *