Categories
Intermezzo Teknologi

Spesifikasi Samsung Z Flip, Ponsel Lipat Tahun 2020

Spesifikasi Samsung Z Flip ini sangat mumpuni dengan desainnya yang unik. Smartphone ini bukanlah penerus dari Galaxy Fold, melainkan seri baru ponsel lipat milik Samsung. Kecanggihan teknologi smartphone ini sangat cocok bagi anda penggila teknologi.

Samsung Z Flip rilis pada tanggal 11 Februari 2020. Menurut official web store Samsung Indonesia, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp20.999.0000. Jangan heran apabila harganya sangat mahal, melihat teknologi layar lipat masih tergolong baru.

Spesifikasi Samsung Z Flip, Mengusung Teknologi yang Canggih

Teknologi layar lipat yang dimiliki Samsung pertama kali ada pada Galaxy Fold. Keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja Galaxy Fold dapat berubah menjadi tablet saat lipatan layar dibuka. Langsung saja mari kita simak merk HP terbaik 2020, Galaxy Z Flip ini.

Desain

Ponsel ini memiliki layar lipat yang mengadopsi panel Foldable Dynamic AMOLED berukuran 6.7 inci yang beresolusi 1080 x 2636 pixels dengan kerapatan 45 ppi. Pada bagian tengah terpasang engsel yang memungkinkan layar bisa dilipat. Anda juga perlu berhati-hati saat membuka smartphone ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sementara itu, pada bagian belakang Galaxy Z Flip juga dibekali layar 1.06 inci yang posisinya berada di samping kamera belakang. Layar tersebut sudah mengadopsi panel Super Android beresolusi 116 x 300 yang dilindungi kaca Gorilla Glass 6 dan berfungsi sebagai penampil Always On Display.

Spesifikasi Samsung Z Flip dari segi dimensi terbilang cukup tipis. Memiliki ukuran panjang 167.9mm, lebar 73.6mm, dan ketebalan 7.2mm. Tetapi saat layar dilipat, maka panjangnya akan menjadi 87.4mm, lebar 73.6mm, dan ketebalan 17.3mm. Saat dilipat tentu membuat ponsel ini mudah dimasukkan ke dalam saku celana.

Performa

Samsung Z Flip ditenagai Chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ dengan processor berkecepatan Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485). Chipset tersebut bisa menghasilkan nilai AnTuTu diatas 400.000 dan sudah terdapat GPU Adreno 640 yang sangat mumpuni dalam memainkan semua game.

Memori internal yang dimiliki sebesar 256GB dan RAM berkapasitas 8GB. Memorinya pun sudah menggunakan UFS 3.0 dan sistem operasinya mengadopsi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.

Kamera

Ponsel ini memiliki dua kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 12MP serta kamera utamanya telah mendukung fitur Dual Pixel PDAF serta OIS. Sedangkan kamera yang kedua menggunakan lensa ultra wide. Perpaduan keduanya mampu menghasilkan video beresolusi 4K 60 fps yang dioptimalkan oleh fitur Optical Image Stabilization (OIS) agar hasil rekaman video lebih stabil.

Yang menarik dari spesifikasi Samsung Z Flip ini, yaitu memiliki kamera depan yang bergaya Punch Hole dengan resolusi 10MP dan dilengkapi fitur OIS. Selain itu, kamera depannya mampu merekam video 4K 2160p@30fps dengan dukungan beragam fitur fotografi lainnya.

Baterai

Kapasitas baterai sebesar 3.300 mAh dengan dilengkapi fitur fast charging 15W dan wireless charging 9W. Memang terbilang cukup kecil kapasitas baterainya. Hal itu dikarenakan keterbatasan ruang yang tersedia.

Fitur Pendukung Lain

Samsung meletakkan sensor pemindai sidik jari pada bagian samping agar mudah diakses saat membuka smartphone. Untuk konektivitasnya masih terbatas pada 4G LTE dan kabarnya memiliki fitur Dual SIM yang terdiri dari Nano-SIM dan e-SIM.

Konektivitas pendukungnya sangat lengkap, mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), NFC, dan port USB Type-C 3.1.

Keunggulan dari smartphone ini seperti desain lipat yang menarik, kualitas kamera baik, dual layar yang bagus, daya tahan baterai cukup baik, dan performa bagus. Tak heran jika ponsel lipat satu ini dihargai dengan sangat mahal. Tentunya kualitas barang akan menentukan harga barang tersebut.

Informasi mengenai spesifikasi Samsung Z Flip di atas, diharapkan dapat bermanfaat bagi anda. Terkhususnya para pecinta teknologi, wajib mencoba mencicipi kecanggihan smartphone satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *