Categories
Intermezzo Teknologi

Perbandingan Smartphone Gaming, ASUS ROG Phone 3 VS Black Shark 3

Perbandingan smartphone gaming kali ini adalah ASUS ROG Phone 3 vs Black Shark 3 milik Xiaomi. Bagi sobat gaming, tentu smartphone gaming pro menjadi salah satu barang incaran bukan? Sampai-sampai banyak produsen menyajikan produk ponsel gaming kelas atas dengan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung. Bahkan smartphone gaming yang dikeluarkan memiliki harga yang cukup mahal. Nah, kali ini anda bisa membandingkan handphone mana yang lebih bagus dan spek yang gahar.

Perbandingan Smartphone Gaming, Mana yang Terbaik?

Setiap handphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun anda masih perlu mengetahui perbandingannya. Supaya nantinya anda bisa menentukan merk HP terbaik 2020 ini. Mari kita simak perbandingan keduanya dari beberapa segi.

Tampilan Desain

Pertama mari kita lihat dari segi tampilan desain. Keduanya memiliki ciri khas yang menjadi tanda khusus masing-masing handphone.Pada bagian depan, Black Shark 3 hadir dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan ROG Phone 3. Namun keduanya sama-sama menyematkan satu sensor kamera di bagian tersebut.

ROG Phone 3 menggunakan panel layar AMOLED berukuran 6,58 inch yang menghasilkan resolusi 1080 x 2340. Sedangkan Black Shark 3 hadir dengan panel layar AMOLED berukuran 6,67 inch beresolusi 1080 x 2400.

Spek layar dimenangkan ROG Phone 3 kecepatan refresh rate memiliki 44Hz. Sedangkan Black Shark 3 hanya dibekali 90HZ. Perlindungan layar ROG Phone 3. Dengan Corning Gorilla Glass 6, sedangkan Black Shark 3 belum diketahui. Dapat disimpulkan, dari bagian layar ASUS ROG Phone 3 lebih unggul dibandingkan dengan Black Shark 3.

Perbandingan smartphone gaming dilihat dari bagian belakang ponsel, keduanya memiliki corak motif yang berbeda dengan menampakan logo dari masing-masing perangkat. Keduanya juga dilengkapi dengan LED yang dapat menyala ketika ponsel dimainkan. Masalah desain tentu menyesuaikan dengan yang anda sukai.

Kamera

Keduanya sama-sama menyematkan tiga sensor kamera di bagian belakang namun dengan cara yang berbeda-beda. Keduanya dibekali sensor utama 64MP f/1.8 yang disandingkan dengan lensa ultra wide 13MP dan lensa macro sebesar 5MP. Memang tidak terdapat perbedaan, namun kemampuan perekaman video ASUS ROG Phone 3 lebih unggul karena mampu merekam video 8K pada kecepatan 30Fps dan dilengkapi dengan sensor gyro-EIS yang tidak dimiliki oleh Black Shark 3.

Performa

Soal performa, ponsel gaming telah dibekali dengan chipset kelas atas untuk menunjang segala aktivitas permainan game yang semakin memerlukan performa yang gahar. ASUS ROG Phone 3 memiliki performa yang lebih baik karena sudah menggunakan chipset Snapdragon 865+,

Sedangkan Black Shark 3 hanya menggunakan Snapdragon 865. Keduanya dibekali sistem operasi Android 10 dengan UI dari masing-masing brand. Selain itu, keduanya sudah dibekali dengan sistem pendingin yang berbeda dari masing-masing perangkat.

Bicara soal performa, tentu kita harus memperhatikan kapasitas baterai. Sudah selayaknya handphone gaming menggunakan kapasitas baterai yang besar untuk menunjang aktivitas para gamers pro. Perbandingan smartphone gaming dari segi baterai, ROG Phone 3 memiliki kapasitas baterai jauh lebih besar yaitu 6000 mAh yang juga mendukung pengisian cepat. Walaupun begitu, Black Shark 3 ini lebih unggul khususnya daya baterai 65W dengan fast chargernya.

Spesifikasi atau Fitur Lain

ROG Phone 3 hadir dengan beberapa kelebihan lain, yaitu pada bagian sound yang mendapatkan DTS:X stereo speakers (2 dedicated amplifiers) tentu akan menambahkan pengalaman saat sedang bermain game. ASUS ROG phone 3 dibekali dengan NFC, sedangkan Black Shark 3 tidak dibekali.

ROG Phone 3 menggunakan USB Two (side 3.1, bottom 2.0) Type-C 1.0 reversible connector dan accessory connector. Sedangkan Black Shark 3 menggunakan USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector. Keduanya datang dengan berbagai aksesoris bermain game yang dijual terpisah.

Harga

ROG Phone 3 telah dirilis pada tanggal 22 Juli 2020, namun baru akan mendarat di Indonesia pada tanggal 24 September 2020 nanti. Dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp18.600.000 untuk RAM 16GB/512GB dan Rp16.900.000 dengan ram 12GB/512GB. Sementara Black Shark 3 telah dirilis terlebih dahulu di China pada tanggal 17 Maret 2020 baru mendarat di Indonesia pada tanggal 8 Mei 2020 lalu. Dibanderol dengan harga Rp9.539.000 dengan RAM 8GB/128GB.

Kesimpulan

Menurut perbandingan smartphone gaming tersebut, ASUS ROG Phone 3 lebih unggul dari Black Shark 3. Dilihat dari penggunaan chipset yang lebih unggul, kemampuan kamera dan kapasitas yang lebih besar. Namun Black Shark 3 juga punya keunggulan pada pengisian cepat yang berdaya 65W. Semoga informasi ini dapat mempermudah anda dalam menentukan pilihan smartphone gaming yang akan dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *