Categories
Bisnis Intermezzo

Monetisasi YouTube Channel, Fitur Penambah Penghasilan dari Internet

Monetisasi YouTube Channel sangat diperlukan sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube. Karena, YouTube adalah platform yang paling besar di dunia dan menjadi ladang penghasilan bagi sebagian banyak orang.

Dengan hanya memiliki smartphone dan juga kamera yang baik, maka anda dapat membuat konten YouTube dan menjadi seorang YouTuber.

Monetisasi YouTube Channel

YouTube memiliki standar yang wajib anda ikuti sebagai mitra kerja YouTube. Hal ini dikarenakan jika nantinya sebagai mitra kerja, anda dapat meraup keuntungan berupa uang dari konten yang anda upload di platform ini.

Cara membuat video atau konten pun tak bisa sembarangan. Karena YouTube secara konstan menilik atau meninjau channel anda untuk memastikan jika kebijakan mereka telah anda penuhi.

Salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan monetisasi YouTube Channel anda. Jaringan Multi Channel atau MCN bisa mengelola pengaturan dari monetisasi video yang berada dalam jaringannya.

Mengaktifkan Monetisasi pada Tingkat Channel

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan monetisasi Channel. Pertama, anda harus login dengan akun YouTube anda. Kemudian, pada bagian kanan atas terdapat pilihan ikon akun, lalu pilih Pengelola Konten.

Selanjutnya anda dapat memilih menu pada sebelah kiri dan pilih ikon Pengelola Video, lalu pilih Video. Filter yang berdasarkan channel dengan pilihan panah drop-down pada bagian samping Filter Channel sisi atas layar, kemudian pilih Channel.

Lalu, anda dapat memilih video yang ingin anda monetisasi dan aktifkan. Caranya, pada bagian atas layar, pilih ikon Tindakan, lalu Monetisasi. Dengan mengaktifkan Monetisasi, maka semua video yang baru tersebut akan segera dimonetisasi oleh pihak YouTube.

Mengizinkan Channel dalam Mengelola Setelan Monetisasi

Anda bisa memberikan izin pada channel non-afiliasi dalam jaringan anda dengan cara monetisasi YouTube Channel. Hal tersebut diperlukan untuk mengelola setelan monetisasi video memakai fitur Monetisasi Upload.

Cara yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan login pada akun konten YouTube anda. Lalu pada bagian atas kanan pilih ikon Creator Studio. Kemudian pada menu sebelah kiri anda dapat memilih Channel, lalu Ringkasan.

Selanjutnya pilih Channel dan tap bagian drop-down, lalu klik Izin. Pada menu Monetisasi Upload, anda dapat klik Aktifkan. Sebagai catatan, MCN tak bisa mematikan izin kreator afiliasi guna mengaktifkan monetisasi pada videonya.

Sebab, channel afiliasi memiliki hak memonetisasi videonya yang telah memenuhi syarat yang berdasarkan syarat Program Partner YouTube. Kreator bisa memonetisasi konten sendiri dengan ikuti petunjuk persiapan monetisasi setelah MCN aktifkan fitur Monetisasi Upload.

Fitur-Fitur YouTube

Selain Monetisasi YouTube Channel, YouTube memiliki standar tersendiri jika anda ingin menghasilkan uang sebagai partner YouTube. Beberapa fitur dapat anda pakai dalam menghasilkan uang. Diantaranya adalah Advertising Revenue.

Fitur ini memungkinkan anda untuk dapat memperoleh uang dari iklan yang akan ditampilkan. Lalu terdapat fitur keanggotaan yang memungkinkan semua orang dapat bergabung sebagai anggota yang telah anda buat dengan berlangganan setiap bulannya.

Selain itu, pihak YouTube juga menyediakan wadah khusus yang bisa anda pakai untuk menjual segala macam produk atau merchandise official dari anda atau dari YouTube sendiri.

Yang perlu anda ingat, jika semua fitur tersebut dapat anda pakai dan bisa aktif jika Channel anda sudah memiliki minimal seribu subscriber dan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Jadi, cara monetisasi YouTube Channel dapat menjadi salah satu fitur yang memungkinkan anda menghasilkan uang dari YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *