Categories
Bisnis Intermezzo

Menjadi Freelancer Data Entry Dari Internet, Simak Dulu Cara Memulainya

Kata freelancer tentunya tidak asing lag bagi anda, istilah ini sama dengan kerja part time. Mencari pekerjaan kini semakin mudah dengan adanya internet. Bahkan cara menghasilkan uang dari internet kini bisa anda lakukan dengan mudah. Nah, salah satu caranya adalah menjadi freelancer data entry.

Data entry ini merupakan pekerjaan sederhana yang bisa anda lakukan. Terbilang sederhana karena pekerjaan ini hanya memasukkan data ke dalam sebuah website, blog, online shop, dan penyimpanan lainnya. Meskipun sederhana namun anda harus memiliki dasar.

Menjadi Freelancer Data Entry, Bagaimana Memulainya?

Pekerjaan yang terbilang cukup mudah ini sebenarnya tidak bisa dikerjakan sembarang orang. Sebab, orang tersebut harus memiliki skill dan kemampuan untuk menggunakan perangkat komputer.

Semakin banyak orang yang membutuhkan freelancer data entry, maka semakin besar peluang anda. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan uang dari internet tanpa kesulitan. Berikut ini beberapa cara untuk menjadi freelancer data entry.

1. Memahami Cara Menggunakan Komputer

Komputer merupakan perangkat utama yang anda gunakan untuk memasukkan data. Menjadi freelancer data entry berarti harus menguasai penggunaan komputer. Ada banyak dasar penggunaan komputer yang harus anda pelajari.

Mulai dari penggunaan aplikasi Office seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Power Point, dan yang lainnya. Kemudian program lainnya seperti Spreadsheet dan masih banyak lagi.

2. Menguasai Cara Untuk Mengetik

Cara yang selanjutnya adalah anda harus menguasai pengetikan 10 jari. Sebab, pekerjaan memasukkan data memerlukan kecepatan. Sehingga kemampuan mengetik dengan 10 jari juga harus mumpuni. Hal ini juga menjadi nilai tambah bagi anda yang ingin bekerja menjadi freelancer data entry.

Selain pengetikan, anda harus memahami beberapa fungsi dari keyboard. Dengan begitu, pekerjaan juga lebih efektif dan efisien. Beberapa fungsi tombol yang perlu anda ketahui adalah ctrl+B, ctrl+N, ctrl+C, ctrl+V, dan masih banyak lagi.

3. Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris

Poin yang satu ini biasanya tidak wajib hanya saja ada beberapa perusahaan yang menetapkan syarat tersebut. Tidak sedikit data yang mungkin menggunakan bahasa Inggris. Jadi, bisa atau tidak, anda harus menguasai bahasa Inggris.

Bisa saja anda mendapat job dengan subjek bahasa Inggris. Sehingga sudah pasti anda harus mengisikan data menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk menguasai bahasa Inggris meski tidak begitu native.

4. Mengenal Berbagai Jenis Data Entry

Poin berikutnya adalah mengenal berbagai jenis data entry. Sebab, ada berbagai jenis data entry yang mungkin anda kerjakan nantinya. Tidak hanya memasukkan data ke dalam Excel saja, tetapi ada beberapa format yang perlu anda perhatikan.

Seperti menulis caption, mengubah format data mulai dari audio hingga menjadi teks, melakukan format ulang, dan mengisi formulir. Poin yang satu ini sangat penting untuk anda pahami jika ingin menjadi freelancer data entry.

5. Mengikuti Pelatihan Dasar

Selanjutnya adalah mengikuti pelatihan dasar. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anda dalam entry data. Pelatihan ini tidak harus datang ke tempat kursus melainkan bisa mengunjungi beberapa website pada internet.

 Ada banyak website  pada internet yang menyediakan pelatihan untuk mengisikan data. Sebelum mengajukan diri, anda bisa mengasah skill terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa melihat kemampuan yang dimiliki. Pengisian data yang anda lakukan nantinya menjadi lebih lancar. Cara menjadi freelancer data entry memang tidak sulit. Terlebih lag jika anda sudah memiliki skill dan pengalaman dalam pekerjaan ini. Pekerjaan sebagai freelancer data entry memang cukup efektif dan bisa menambah penghasilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *