Categories
Gramedia

Gerakan Peduli Lingkungan di Hari Bumi, Gramedia menghadirkan Gramedia Ecoliteracy #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree

JAKARTA, 22 April 2022 – Gramedia Ecoliteracy #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree merupakan dua langkah kecil Gramedia sebagai jawaban terhadap masalah-masalah lingkungan yang masih sering terjadi di Indonesia. Khususnya mengenai permasalahan deforestasi dan jumlah sampah domestik yang masih tidak terkendali.

Lebih lanjut, #GramediaGreenAction merupakan sebuah gerakan Gramedia, bersama dengan masyarakat, mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, kertas, dan ATK dari seluruh store Gramedia di Indonesia. Sampah tersebut dapat ditaruh di tempat sampah khusus berlogo “Gramedia Ecoliteracy” yang telah tersedia. Sampah-sampah yang telah terkumpul, akan didaur ulang oleh partner-partner terpercaya Gramedia. Hasil dari gerakan ini, akan dikonversikan menjadi buku-buku menarik, yang kemudian disumbangkan kepada komunitas baca di seluruh Indonesia.

#GramediaGreenAction ini merupakan campaign tahap pertama dari rangkaian campaign Gramedia Ecoliteracy, yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 22 April 2022 bertepatan dengan Hari Bumi. Pelaksanaan tahap awal ini akan diselenggarakan di 6 store Gramedia, diantaranya adalah Gramedia Emerald Bintaro, Gramedia BSD, Gramedia  Matraman, Gramedia  Depok, Gramedia  Harapan Indah Bekasi, dan Gramedia  Palmerah. Campaign ini juga akan berkolaborasi bersama dengan Paxel, MyValue, Bank Sampah Petra, dan waste4change, dengan tidak menutup kemungkinan, Gramedia akan sangat terbuka dengan kolaborasi-kolaborasi yang lebih luas untuk ke depannya.

Lebih lanjut, pengunjung dapat mengikuti campaign ini dengan memperhatikan mekanisme sebagai berikut;

  • Pengunjung dapat menaruh sampah ke dalam DSK (Tempat Sampah Khusus berlogo “Gramedia Ecoliteracy”) maksimal 1 kali dalam sehari.
  • Pengunjung wajib mengambil foto sampah yang telah dibuang ke dalam DSK, sebagai tanda bukti telah membuang sampah.
  • Pengunjung dapat menunjukan bukti foto tersebut ke kasir atau CSO.
  • Setelah menunjukan foto, pengunjung dapat membuka laman #GramediaGreenAction pada aplikasi MyValue.
  • Pada laman tersebut, pengunjung dapat memindai barcode yang telah diberikan kasir atau CSO untuk mendapatkan 1 stamp.
  • Setiap pengujung yang telah memiliki 3 Stamp, 5 Stamp, dan 10 Stamp, akan mendapatkan hadiah berupa voucher diskon Gramedia dari MyValue.
  • Perlu diingatkan kembali, bahwa pengunjung hanya diperbolehkan mendapatkan maksimal 1 stamp dalam 1 hari.
  • Selain mendapatkan voucher diskon Gramedia, pengunjung juga dapat memberikan donasi kepada komunitas baca, dengan memindai barcode yang tersedia pada DSK

Pada campaign #GramediaGreenAction ini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam penawaran menarik berupa special price pada produk-produk pilihan dari Gramedia. Diantaranya, Tas Go Green mulai dari Rp. 5.000,00, Recycle PET Shopping Bag dengan harga Rp 20.000,00, dan Tote Bag Blacu seharga Rp. 15.000,00. Penawaran ini berlangsung mulai dari tanggal 22 sampai dengan 24 April 2022.

Selanjutnya, #CollaboraTree dengan tagline “Dari Kayu Kembali Ke Kayu”, merupakan sebuah gerakan penanaman pohon yang berkolaborasi dengan LindungiHutan, yaitu sebuah yayasan yang bergerak di bidang konservasi hutan dan lingkungan melalui metode crowdfunding. Gerakan ini merupakan bentuk kepedulian Gramedia dalam upaya konservasi hutan Indonesia, dengan target jumlah penanaman hingga 3.000 pohon. #CollaboraTree turut melaksanakan program aktivasi berupa penyerahan bibit dan penanaman pohon di kawasan tertentu yang nantinya akan ditentukan bersama Lindungi Hutan pada bulan Mei 2022.

Ben selaku CEO LindungiHutan, menyatakan bahwa, “Sebagai nama besar di balik tersebarnya pengetahuan di Indonesia, merupakan kebanggaan bagi LindungiHutan dapat berkolaborasi bersama Gramedia untuk tidak hanya menyebarkan tulisan yang sejuk, tapi juga sekaligus menanam pohon yang memberi keteduhan. Harapannya kerjasama ini dapat mendorong para pembaca untuk turut sadar isu lingkungan dan turut terlibat dalam kegiatan sehari-hari.”

Herman Kristanto Masman selaku Direktur Group of Retail & Publishing Kompas Gramedia berharap, “Langkah kecil pada campaign ini, akan dapat membawa perubahan besar dalam mengatasi deforestasi dan permasalahan sampah yang tidak terkendali, serta ikut dalam menjaga lingkungan.”

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis. Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan. Hingga kini, Gramedia memiliki 119 gerai yang tersebar di 33 provinsi dan 54 kota di seluruh Indonesia. Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan transformasi toko buku fisik ke bentuk online melalui Gramedia.com dan berbagai jaringan marketplace di Indonesia. Hingga 2021, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Corporate Secretary
PT Gramedia Asri Media
Gd. Kompas Gramedia Palmerah Barat
Jl. Palmerah Barat 29-37, Unit II, lt. 4, Jakarta 10270
Telp. (021) 53650110 Ext. 3870/71

www.gramedia.id
www.gramedia.com
Facebook: Gramedia Store
Twitter: @gramedia Instagram: @gramedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *