Categories
Buku Intermezzo

Film Pendek Adaptasi Cerpen Eka Kurniawan Berkompetisi di Busan

Film pendek yang diadaptasi dari cerpen karya Eka KurniawanTak Ada yang Gila di Kota Ini, bakal berkompetisi di Busan International Film Festival (BIFF) ke-24.

Di salah satu festival film terbesar di Asia yang berlangsung pada 3-12 Oktober 2019 tersebut, film pendek garapan sutradara Wregas Bhanuteja ini akan bersaing dengan 9 film pendek lain dari berbagai negara Asia. Mereka akan memperebutkan gelar film pendek terbaik dari program Wide Angle.

Diangkat dari cerpen karangan Eka Kurniawan, film Tak Ada yang Gila di Kota Ini bertutur tentang kondisi masa liburan di sebuah kota. Di mana seorang bos sebuah hotel besar dan berpengaruh di kota itu menginginkan semua Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tak berkeliaran di jalanan.

Lantas ia memerintahkan Marwan dan temannya untuk membuang orang-orang malang itu ke hutan. Soalnya, sang bos hotel tak ingin para turis jadi merasa terganggu. Dalam rilis pers yang diterima Gramedia Digital, Wregas, yang juga menulis skenario film ini bersama Henricus Pria, mengaku memilih cerpen Tak Ada yang Gila di Kota Ini untuk dijadikan film pendek, karena ia merasakan emosi kemarahan yang sama terhadap kuasa.FilmOka Antara memerankan Marwan, pegawai sebuah hotel di kota pinggir pantai. (Foto: Rekata Studio)

“Orang yang memiliki power yang lebih akan menindas orang yang lebih lemah untuk memuaskan hasrat (pleasure) pribadinya. Yang di bawahnya, akan menindas yang di bawahnya lagi, dan yang paling tidak berdaya adalah orang yang sama sekali tidak memiliki kuasa, bahkan kuasa akan dirinya,” kata Wregas, yang pernah memenangkan Best Short Film dari 55th Semaine de la Critique, Cannes Film Festival 2016 lewat film pendeknya, Prenjak.

Sebagai produser dari Rekata Studio yang melahirkan film pendek ini, Adi Ekatama berharap Tak Ada yang Gila di Kota Ini bisa menambah variasi jenis film Indonesia yang mengadaptasi cerpen maupun novel.

“Saya mempunyai harapan bahwa dengan dibuatnya film pendek ini, maka semakin banyak lagi film Indonesia, bahkan film internasional, yang mengadaptasi cerpen atau novel karya penulis Indonesia dari genre yang beragam,” kata Adi.FilmOka Antara tertarik perankan Marwan begitu membaca skenario film pendek “Tak Ada yang Gila di Kota Ini”. (Foto: Rekata Studio)

Adapun Rekata Studio merupakan bagian dari ekosistem intellectual property (IP) management platform, yang memiliki peran utama untuk pengembangan audiovisual atau motion picture. Sebagai sumber adaptasi untuk film pertama produksi Rekata Studio, cerpen Tak Ada yang Gila di Kota Ini telah dimuat dalam buku Cinta Tak Ada Mati karya Eka Kurniawan yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada 2018.

Untuk menghidupkan ceritanya, film pendek ini dibintangi oleh Oka Antara (KillersAruna dan Lidahnya), Sekar Sari (SitiDoremi & You), Pritt Timothy (Sang KiaiGundala), hingga Kedung Dharma Romansha (WageNyai). Oka yang memerankan karakter Marwan langsung tertarik untuk berakting dalam film pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini setelah membaca skenarionya.

“Skenarionya sangat unik dan jarang saya temui, terutama dalam film feature. Jadi cerita ini hanya bisa dicapai melalui film pendek,” ujar Oka.

Sesuai tuntutan cerita, pengambilan gambar film pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini dilakukan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Agustus 2018. Tekstur alam Gunungkidul yang dominan dengan perbukitan kapur dinilai Wregas sebagai lokasi yang tepat untuk ruang hidup karakter-karakter film pendek ini.

Buat yang penasaran akan kisah lengkapnya, sebelum menyaksikkan versi film pendeknya, tak ada salahnya membaca cerpennya terlebih dahulu. Cerpen Tak Ada yang Gila di Kota Ini bisa dibaca dalam buku kumpulan cerpen karya Eka Kurniawan yang berjudul Cinta Tak Ada Matiyang sudah tersedia dalam bentuk e-book di Gramedia Digital. Tak cuma itu, kamu juga bisa membaca karya-karya Eka Kurniawan lainnya seperti Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan juga Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.Cerpen “Tak Ada yang Gila di Kota Ini” ada di dalam buku ini.


Sumber foto header: Rekata Studio

Source link: https://ebooks.gramedia.com/blog/film-pendek-adaptasi-cerpen-eka-kurniawan-berkompetisi-di-busan-international-film-festival/