Categories
Gramedia

Menguasai Tes CPNS Belajar dari Buku Bank Soal Terlaris

Baru pertama kali berencana mengikuti Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2019 ini? Sebelum hari pelaksanaan tes tiba, tentunya kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ada baiknya kamu mengenal dan mempelajari soal-soal yang harus kamu kerjakan di tes CPNS 2019.

Setidaknya, kamu harus mengetahui jika di dalam tes tersebut akan terdapat soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Di jenis soal ini, setidaknya ada tiga materi berbeda yang harus kamu jawab. Tiga materi ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan juga Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK sendiri akan berisi soal-soal terkait materi pengalaman Pancasila. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, peserta tes harus benar-benar memahami tiap butir yang menjadi bagian dari Pancasila. Selain itu soal akan berkaitan dengan Undang-undang Dasar 194, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Sementara untuk TIU, merupakan jenis tes untuk mengetahui kemampuan peserta berkaitan dengan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Selain itu, juga untuk mengetahui verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.

Jenis soal terakhir yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jenis soal ini disebut-sebut sebagai soal yang paling sulit. Pasalnya, banyak faktor pengetahuan yang harus kamu kuasai di dalamnya, seperti soal sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan beberapa hal terkait kepribadian lainnya.

Di luar penjelasan jenis-jenis soal di atas, peserta CPNS tahun ini harus lebih bekerja keras dalam menaklukkan soal. Pasalnya, tahun ini soal-soal akan disusun oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dari unsur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Nantinya tipe soal yang dihasilkan disebut dengan High Order Thinking Skill (HOTS). Kesulitan soal itu akan menantang peserta untuk menjawab masalah-masalah yang mungkin timbul dan peserta harus bisa memosisikan diri sebagai PNS yang mampu menyelesaikan masalah dan mampu menjadi perekat NKRI.

Namun hingga kini belum ada kabar final mengenai soal-soal CPNS tahun ini. Di akhir Juni 2019 lalu, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan panitia Panselnas masih terus menyusun usulan formasi CPNS.

Agar lebih familiar dengan soal-soal di atas, ada baiknya berlatih dari buku bank soal, yang tersedia di Gramedia Digital. Dari berbagai macam buku, berikut 5 buku rekomendasi Gramedia Digital.

1. Super diktat CPNS CAT 2019-2020 – Tim Kompas Ilmu

Buku

2. Materi yang Sering Keluar dalam Tes CPNS – Ulfah Khaerani

Buku

3. Update Paling Lengkap Drilling Semua Jenis Soal Tes CPNS Sistem CAT – Windyastuti, dkk.

Buku

4. Super TOP No.1 Tes CPNS Sistem CAT + CD – Salamah

Buku

5. Top Bank Semua Jenis Soal Tes CPNS Sistem CAT Paling Akurat – Dita Puspa Wulandari

Buku

Sumber foto header : Unsplash.com