Categories
Intermezzo

Tips Memilih Makanan Sehat

MyValue – Makanan sehat selain memberi nutrisi dan gizi untuk tubuh sehingga tubuh berkembang dengan baik, juga menjadi obat sehingga tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari, serta tidak gampang sakit.

Permasalahannya, saat ini banyak sekali pilihan makanan yang dijual di restoran, supermarket, hingga warung kaki lima yang terkadang tidak diketahui komposisi gizinya karena telah diolah sedemikian rupa, sehingga sudah tidak menyerupai bentuk asalnya.

Memilih makanan yang sehat penting supaya kita tahu jenis makanan apa yang kita berikan ke tubuh. Mengonsumsi makanan tidak serta merta hanya dengan rasa enak dan porsi yang banyak saja. Melainkan juga perlu diperhatikan jenisnya, cara memasaknya dan komposisinya supaya makanan yang dikonsumsi tidak justru merugikan tubuh. Tidaklah sulit memilih makanan yang sehat. Beberapa pertimbangan ini bisa kita  perhatikan saat memilih makanan. Yuk, simak!

Makanan mentah dan segar lebih sehat daripada dimasak

Memasak makanan dengan panas tinggi akan menghilangkan beberapa kandungan nutrisinya. Oleh sebab itu, pilihkan makanan yang mentah seperti salad, karedok, lalapan atau buah potong.

Direbus, dikukus atau dipanggang lebih baik daripada digoreng

Cara memasak juga menghasilkan makanan dengan gizi berbeda. Dengan menggoreng, makanan akan menjadi berminyak, berlemak dan tinggi kalori. Makanan yang direbus atau dikukus jauh lebih sehat daripada digoreng.

Jika ingin menggoreng makanan, pakailah minyak baru dan tidak menggunakan minyak bekas.

Tidak terlalu manis, gurih dan asin

Makanan manis, gurih atau asin memang memanjakan lidah. Namun, jika keseringan tidak baik untuk tubuh. Makanan manis mengandung kalori. Apabila tidak diimbangi olahraga atau gerak tubuh yang seimbang, makanan manis bisa menyebabkan obesitas atau memicu penyakit diabetes.

Sedangkan makanan asin dan gurih mengandung natrium tinggi. Makanan tinggi natrium yang dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat merusak ginjal dan menyebabkan hipertensi.

Tidak berlemak

Pilihlah makanan yang tidak berlemak atau memilih makanan dengan lemak tak jenuh yang ada pada ikan, minyak kedelai, minyak bunga matahari atau minyak jagung.

Hindari mengonsumsi lemak daging merah, kulit ayam atau bebek, susu tinggi lemak, mentega atau keju berlebihan.

Hindari makanan kemasan atau olahan

Makanan dalam kemasan atau makanan olahan biasanya mengandung natrium tinggi, banyak bahan kimia, seperti pengawet buatan dan penyedap rasa buatan, serta telah kehilangan banyak nutrisi akibat proses produksi yang panjang.

Tinggi serat dan mengandung gizi lengkap

Pilih makanan berserat tinggi dan memiliki komposisi gizi lengkap. Makanan berserat dan kaya gizi banyak ditemukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan ikan.

Tidak mengandung pengawet dan pewarna buatan

Makanan dengan pengawet dan pewarna buatan tentu dapat merugikan tubuh. Maka, pilihlah makanan segar atau dibuat dengan memanfaatkan pengawet dan pewarna alami.

Nikmati berbagai makanan sehat dengan harga diskon pakai voucher MyValue. Kamu bisa makan BAKSO SEHAT, MINUMAN ALAMI , SALAD SEHAT dan minum SUSU dengan harga diskon. Cek kategori Food & Beverage di aplikasi MyValue!

(perlbagai sumber)

Image : Pexels/Trang Doan